Sejak dibuka pada tanggal 11 November 2011, pesta olah raga se Asia Tenggara Sea Games telah mampu membuat masyarakat Indonesia sejenak melupakan hiruk pikuk  persoalan politik . Lewat media TV yang memberitakan acara Sea Games sejak dari pembukaan sampai ke cabang-cabang olah raga yang dipertandingkan, mata kita melihat bagaimana perjuangan keras para atlit untuk menundukkan lawan dan tangis haru mereka saat berhasil mempersembahkan medali bagi Indonesia.   Jatuh bangun para atlit dalam meraih puncak prestasi demi keharuman nama Negara menjadi media penanaman nilai-nilai kepahlawanan atau patriotism yang riil, tidak sekedar lewat kata-kata.

Olah raga di era global, selain menjadi media untuk menumbuhkan patriotism juga  bisa menjadi wahana yang ampuh bagi pencitraan suatu bangsa. Melalui layar televisi dan internet yang bisa diakses di seluruh dunia, Negara penyelenggara suatu event olah raga dapat memanfaatkan kesempatan itu untuk menunjukkan ke masyarakat dunia betapa hebat dan mumpuninya atlet-atletnya.

Bagi para pemilik stasiun TV, siaran olah raga yang diminati banyak orang berarti tambang untuk mengeruk keuntungan melalui iklan yang berderet tanpa henti. Gabungan antara olah raga dan tehnologi media telah merubah ajang perlombaan olah raga tidak sekedar kompetisi kekuatan fisik saja, namun disitu berkelindan antara kepentingan bisnis, media dan politik . Di abad kapitalisme global, apa saja bisa dimanfaatkan untuk kepentingan apa saja. Olah raga kawin dengan tehnologi media melahirkan bisnis pertunjukkan olah raga yang sekaligus berfungsi sebagai papan iklan yang luar biasa menguntungkan. Lihat saja banner, baliho dan media iklan canggih lainnya yang berseliweran saat siaran langsung kompetisi olah raga, khususnya olah raga popular seperti sepak bola, tennis atau racing.

Bagi suatu Negara, kompetisi olah raga antar bangsa yang disiarkan lewat TV ke seluruh dunia merupakan media image building yang ampuh. Kesuksesan dalam menyelenggarakan event olah raga berkelas internasional merupakan bukti kesuksesan suatu Negara , secara khusus kesuksesan rezim yang sedang berkuasa.  Tidak heran banyak Negara yang berkompetisi agar negaranya mendapatkan kesempatan sebagai penyelenggara Olimpiade. Biaya yang luar biasa mahal, tidak jadi halangan.  Sebagai Negara penyelenggara Olimpiade tahun 2008, China rela mengeluarkan biaya $ 58,5 milyar. Melalui event ini China ingin menunjukkan pada dunia sebagai Negara dengan kekuatan baru, ajang olimpiade digunakan oleh rezim yang berkuasa sebagai proyek mempercantik wajah atau  “face projects”( epiac1216.wordpress.com / ).

Berapa biaya yang dikeluarkan Pemerintah Indonesia untuk menyelenggarakan Sea Games 2011? Dari APBN Indonesia 2010, dianggarkan total biaya sebesar 350 miliar rupiah (± 38,7 juta dolar AS), sementara dari APBN Indonesia 2011 dianggarkan total biaya senilai 2,1 triliun rupiah  atau ± 230 juta dolar AS  (wikipedia) . Khusus untuk pembukaan Sea Games tanggal 11 November yang lalu saja menghabiskan sekitar Rp.150 milyar (www.bola.net/). Nilai sebesar ini menjadi terabaikan saat melihat betapa spektakulernya  pembukaan Sea Games 2011. Kemegahan dan kekayaan alam dan keberagaman budaya Indonesia benar-benar dipertontonkan dengan begitu indahnya.

Bagi saya yang hanya bisa melihat lewat TV,  terpaksa harus menonton sambil mengumpat jengkel karena kenikmatan saya melihat  siaran pembukaan itu harus diselingi oleh iklan yang banyaknya minta ampun,  lebih lama ketimbang siarannya. Sudah begitu,  siaran juga dimonopoli satu stasiun TV swasta tertentu. Ternyata patriotisme kalah oleh kepentingan bisnis pemilik stasiun TV.

Saat ini , saya  tidak mau nyinyir dengan memperpanjang masalah  monopoli siaran TV atau soal anggaran Sea Games, melihat betapa spektakulernya pembukaan Sea Games 2011   dan kegembiraan warga Indonesia mendapatkan tontonan olah raga dan ditambah kebanggaan kalau nanti akhirnya Indonesia berhasil meraih medali terbanyak, anggaran yang sampai trilyunan itu seperti terlupakan. Saya juga tidak perduli apabila nanti akan ada tuduhan ajang Sea Games digunakan sebagai politik pencitraan pemerintah yang sedang berkuasa. Melihat wajah-wajah rakyat Indonesia saat melihat timnya menang , jelas tergambar disitu betapa mereka haus akan cerita sukses. Mereka mempunyai semangat cinta bangsa yang luar biasa. Kita semua mencintai Indonesia. Kita ingin merasa bangga sebagai warga negara Indonesia. Yah, ternyata patriotisme dan rasa cinta dan bangga pada negara dan bangsa itu terkadang harus dibayar mahal, tidak hanya dengan nyawa tetapi juga anggaran yang sampai trilyunan.

Bagi penggemar sepak bola, selamat menonton kesebelasan kita lawan negara tetangga sekaligus musuh bebuyutan – Malaysia –  yang akan disiarkan malam ini. Karena tidak suka olah raga, saya memilih untuk mendengarkan lagu yang dinyanyikan dalam pembukaan Sea Games 2011 : Together We Will Shine dan To  Be  One. Kedua lagu ini tidak hanya enak didengar dan didendangkan, tapi liriknya mampu membuat saya semakin cinta Indonesia. Indonesia – cinta tanpa syarat saya.

Together We Will Shine

Now is the time to embrace the dream

Share all our love with happiness

Together we’ll strive to find the longest stars

All dreams and wishes will come true


Come so high up above the sky

Rise and fly and reach the stars

By the power of unity

I believe our hearts will lead to victory

Together we will shine


And now is the moment

We’ve come so long (we’ve come so long)

Every gazing child, that makes us strong (that makes us strong)

With all our hearts I know we won’t fall

Keep the spirits up and we’ll stand tall


Come so high up above the sky

Rise and fly and reach the stars

By the power of unity

I believe our hearts will lead to victory

Together we will shine


Spread the love, the peace

We’ll find the way

We are here in this paradise


Come so high up above the sky

Rise and fly and reach the stars

By the power of unity

I believe our hearts will lead to victory

Together we will shine

(Lagu ini  diciptakan oleh Jozef Cleber)

To Be One

I see rainbow in the sky
Colors that brighten my world
I hear the humming birds
Singing a beautiful song

The song of love and laughter
The song of peace and hope
I don’t want this to end
I want this to be forever

Even though we’re not the same
Different ways
And we walk on different path
Different road in this life
Can we hold each other’s hand
Together in this world
And be as one

It will be a better place
Better home
Place that gives us peace of mind
Filled with love
No more tears
Place where you and i can laugh
No more cry, only smile
The place for us to be one

(Lagu ini merupakan salah satu lagu dalam album pertama Gita Gutawa. Dalam Sea Games 2011 lagu ini dinyanyikan dengan bagus sekali oleh Judika)