Kali ini saya mau merenung tentang makna kesetiaan , khususnya menyangkut keteguhan untuk memelihara keutuhan rumah tangga. Isu ini menarik untuk diangkat mengingat kecenderungan tingginya angka perceraian di Indonesia sebagaimana nampak dari DATA INI dan  INI

Ada banyak faktor yang penjadi penyebab hancurnya mahligai rumah tangga, salah satunya adalah hadirnya orang ketiga.  Lirik lagu Hallelujah (ciptaan penyanyi Kanada Leonard Cohen  dirilis tahun 1984) dengan pas menggambarkan godaan atau cobaan terbesar yang dihadapi dalam  menjaga keutuhan keluarga tersebut.   Melihat sepintas dari judulnya orang akan mengira ini lagu rohani Kristen. Meskipun mengambil judul istilah religius , lagu ini tidak menyanyikan tentang puja puji bagi Tuhan melainkan bicara seputar hubungan percintaan antara laki dan perempuan, pengkhianatan, perselingkuhan dan perzinahan. Jadi meskipun warna musiknya merupakan gabungan waltz dan gospel (lagu gereja) lagu ini lebih sebagai lagu cinta ketimbang lagu rohani.

Hallelujah biasa diucapkan di kalangan umat Nasrani yang berarti Puji Tuhan – Praise Yah sesuai dengan asal katanya bahasa Ibrani – hallelu dan Yah (dari YHWH). Hallelujah mempunyai makna yang sama dengan bahasa Arab Alhamdulillah – segala puji bagi Allah …All praise is due to Allah (Wikipedia).  Istilah Hallelujah dalam lagu ini untuk menyatakan bahwa rasa dan hubungan cinta antara laki dan perempuan merupakan suatu anugrah Tuhan yang indah dan agung,  namun kalau rasa dan relasi cinta itu tidak dipelihara bisa berubah menjadi suatu yang menyakitkan yang pada akhirnya bisa berkembang menghancurkan hidup manusia … cinta bukan parade kemenangan …cinta yang dikhianati bisa berubah  menjadi hubungan yang dingin …penuh kebencian ….Love is not a victory march. It’s a cold and it’s a broken Hallelujah. Demikian bunyi lirik lagu Hallelujah.

Ada ayat dalam Injil yang biasa dikutip dalam undangan pernikahan umat Nasrani yang intinya menyatakan …apa yang sudah dipersatukan oleh Tuhan hendaknya tidak dipisahkan oleh manusia.  Ikatan cinta antara laki dan perempuan adalah ikatan suci yang diikrarkan di depan altar dipimpin oleh pendeta atau pastor sebagai wakil Tuhan.  Pernikahan adalah relasi yang dijalin atas nama Tuhan . …dijalankan bukan sekedar untuk tujuan prokreasi,  tapi demi kebesaran  nama Tuhan. Ini berarti pernikahan adalah suatu bentuk janji atau komitmen yang harus dipelihara dan dipertahankan seumur hidup.

Namun untuk mempertahankan ikatan suci pernikahan adalah perjuangan yang tidak mudah bagi manusia…terlebih di jaman sekarang ini. Berapa banyak dari laki dan perempuan yang telah terikat tali pernikahan yang mampu mempertahankan keutuhan cintanya, Memegang kuat komitmen yang diucapkan saat ikrar pernikahan. Tidak pernah di pikirannya terlintas sedikit pun bayangan orang lain di tengah ikatan cintanya. Setia sepenuhnya…tidak pernah ada ketertarikan sedikitpun pada siapa pun selain pasangannya.

Your faith was strong but you needed proof
You saw her bathing on the roof
Her beauty and the moonlight overthrew you
She tied you to a kitchen chair
She broke your throne, she cut your hair
And from your lips she drew the Hallelujah

Di atas adalah salah satu bait lirik lagu Hallelujah yang menyatakan seseorang bisa saja mengaku mempunyai iman yang kuat , tapi itu perlu diuji …perlu dibuktikan.  Daud atau David saja kalah dalam memerangi nafsunya. Raja Daud terjebak dalam perselingkuhan karena tergoda Betseba istri prajuritnya Uria saat dia melalui balkon istananya melihat perempuan itu mandi. Kecantikan dan kemolekan tubuh Betseba telah membuat  Daud melupakan imannya. Lupa akan Tuhannya. Dengan segala tipu daya akhirnya Daud berhasil melenyapkan Uria dan menjadikan Betseba sebagai istrinya …it’s a broken hallelujah.  Demikian pula Samson akhirnya dikalahkan musuhnya setelah rahasia kekuatannya yang terletak pada rambutnya yang tidak boleh dipotong itu diketahui musuh melalui kekasihnya Delilah.

Kisah yang hampir sama dengan Raja Daud juga ditemukan dalam sejarah raja-raja Jawa, yakni Ken Arok yang membunuh Tunggul Ametung karena tergoda oleh istrinya yang cantik,  Ken Dedes. Ternyata kekuatan dan kekuasaan laki-laki terkadang dengan mudah  ditakhlukkan  oleh  daya tarik  wanita, persis seperti bunyi lirik lagu  S A B D A   A L A M ciptaan Ismail Marzuki   …. namun adakala pria tak berdaya tekuk lutut di sudut kerling wanita.

Memang benar  pernyataan bahwa perang terbesar itu adalah perang manusia menaklukkan hawa nafsunya.

Karena itu , menurut saya, laki-laki yang hebat adalah laki-laki yang bisa memegang janjinya  mempertahankan komitmennya untuk setia pada istrinya. Lebih hebat lagi kalau laki-laki itu adalah laki-laki yang berkuasa seperti Raja Daud. Berkuasa tanpa tergoda tahta, cinta dan wanita. Kalau laki-laki bisa menakhlukkan perang melawan nafsunya sendiri, saya kira dia akan bisa menghadapi peperangan melawan apa pun, termasuk melawan godaan kekuasaan terhebat di Indonesia…perang melawan godaan korupsi.

lirik lagu Hallelujah  dapat disimak di   V I D E O   I N I

Gambar : www.occult-paranormal-psychic-yoga.blogspot.com