CSR - dreamtimes comSaat ini di Indonesia, semakin banyak perusahaan besar yang terlibat dalam kegiatan non bisnis atau social. Perusahaan merasa memiliki tanggungjawab sosial terhadap kesejahteraan stakeholder-nya (customer, pegawai, masyarakat luas) maupun kesehatan lingkungannya. Ada gejala kegiatan sosial yang dilakukan oleh perusahaan besar tidak lagi sekedar kegiatan karitatif atau filantrofis yang bersifat darurat atau temporer tapi sudah dikelola secara lebih serius dan menyatu sebagai bagian dari manajemen bisnis. Kegiatan ini yang akhir-akhir ini dikenal dengan istilah Corporate Social Responsibility (CSR).

Di tengah berbagai terpaan krisis global saat ini,  penerapan CSR sebagai sebuah standar beroperasinya perusahaan dapat menjadi salah satu jalan atau upaya untuk turut mengurangi dampak  krisis. Dari sisi studi administrasi publik, perkembangan CSR menjadi isu yang menarik. Persoalan problem publik seperti masalah bencana alam, kemiskinan, kesenjangan pendidikan, dan sebagainya selama ini dikenal sebagai domain administrasi publik. Namun adanya tanggung jawab social perusahaan (CSR) telah menempatkan organisasi bisnis menjadi salah satu aktor yang berkontribusi dalam pemecahan masalah publik.

Bagaimana  penerapan CSR di Indonesia dan apa implikasinya terhadap studi administrasi publik ? Silahkan baca lebih lanjut   D I S I N I 

Gambar: dreamtimes.com