canstock accountabilityTugas         : Akuntabilitas Publik

Sifat            : Individu

Waktu        : dikumpulkan tgl 9-12-2013 (Reg) dan 11-12-2013 (N0n-reg)

======================================================

  1. Jelaskan mengapa akuntabilitas publik  menjadi nilai yang sangat penting dalam administrasi negara? Apa pentingnya akuntabilitas publik administrasi negara dalam sistem pemerintahan demokrasi ?
  2. Akuntabilitas publik dapat dibedakan menjadi akuntabilitas eksternal atau akuntabilitas politik, akuntabilitas internal (responsibilitas,  akuntabilitas hirarkis dan akuntabilitas profesional), dan akuntabilitas ke masyarakat (responsivitas dan social accountability). Jelaskan apa pengertian dan karakteristik tipe-tipe akuntabilitas tersebut dan berikan contohnya!
  3. Jelaskan perbedaan pandangan atau pendapat tentang akuntabilitas publik antara Carl Friedrich, Herman Finer, dan Vincent Ostrom.  Kaitkan  diskursus tentang akuntabilitas publik di antara ketiga pakar tersebut dengan kasus  mogok para  dokter di Indonesia yang dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap dr. Ayu yang dijatuhi hukuman  dengan dugaan malpraktek ( Bagaimana  kasus mogok dokter tersebut dilihat dari sisi akuntabilitas profesi ? Bagaimana kasus ini dianalisis menurut pendapat Carl Fiedrich, Herman Finer dan Vincent Ostrom?