sixprices comModul ini disusun untuk membantu mahasiswa dalam memahami pokok-pokok bahasan dalam mata kuliah Teori Administrasi Negara. Ilmu Administrasi Negara bersifat sangat dinamis. Isu dan pokok persoalan yang menjadi obyek studi maupun perdebatan atau diskursus selalu muncul dari perubahan atau perkembangan kondisi lingkungan eksternal yang melingkupinya. Karena itu pula paradigma atau cara pandang para pakar ilmu administrasi negara tidak stagnan tetapi senantiasa berkembang mengikuti gejolak dinamika perkembangan lingkungan eksternal.

Modul ini terdiri dari empat bagian. Pembagian berdasarkan empat Kompetensi Dasar yang harus dikuasai mahasiswa.

Kompetensi Dasar 1 membahas konsep-konsep dasar dalam Teori Administrasi Negara yaitu pengertian teori administrasi negara, tipe-tipe teori administrasi negara dan perkembangan paradigma administrasi negara. Kompetensi Dasar 2 membahas teori, isu dan perdebatan akademis yang berkembang pada periode awal ilmu administrasi negara.  Kompetensi Dasar 3 membahas isu yang menentukan karakter administrasi negara yakni persoalan pertanggung jawaban publik dan  etika administrasi negara. Bagian terakhir,  Kompetensi Dasar 4 membahas teori, konsep, dan isu-isu administrasi negara yang berkembang di era globalisasi (penjelasan lebih rinci tentang Kompetensi Dasar lihat Kontrak Pembelajaran Teori AN).

Bagi mahasiswa AN yang mengikuti mata kuliah Teori AN silahkan mempelajari materi-materi dalam Kompetensi Dasar 1 berikut ini :

Materi 1 – Pengertian dan Tipe Teori AN

Materi 2 – Paradigma Administrasi Negara

Gambar : sixprices.com